Kamis, 22 Maret 2012

Cepat Beruban karena Banyak Pikiran?

TANYA : Salam Sehat Dokter. Dok, saya adalah pria yang sangat kebingungan dengan rambut yang semakin lama semakin banyak rambut putihnya. Nasehat yang saya terima dari banyak orang adalah untuk kurangi berfikir terlalu banyak. Saya sangat tidak mengerti apa yang harus saya kurangi dalam pikiran saya dan seperti apa. Apa benar rambut beruban ini karena banyak pikiran atau hanyalah mitos? Apakah ada pengobatan yang bisa lakukan? Terima kasih sebelumnya. (Faisal Wali, 17, Bremen Jerman) JAWAB : Faisal yang baik, Jika melihat usia Faisal yang masih muda tetapi sudah beruban ini mungkin disebabkan karena faktor keturunan. Sampai saat ini belum ada penelitian yang pernah saya baca yang menghubungkan antara banyak berpikir dengan beruban yang dini. Kebanyakan banyak pikiran atau berpikir terlalu banyak dihubungkan dengan tingkat stres seseorang. Untuk beruban sebenarnya cara paling mudah adalah dengan menyemir atau mewarnai rambut walaupun pada beberapa pendapat mengatakan hal ini malah akan membuat lebih rusak. Jadi mungkin sebaiknya Faisal melihat apakah hal ini merupakan faktor keturunan atau tidak, jika memang iya artinya Faisal harus menerimanya dengan lapang dada. Semoga Faisal bisa menerimanya dengan baik. Salam Sehat Jiwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar