Jumat, 20 April 2012

Guidelines to avoid germs in cutlery

Pernahkah terpikirkan kebersihan alat makan yang Anda gunakan untuk anggota keluarga? Nah, tips berikut ini bisa menjadi panduan mudah untuk menghindari ancaman kuman pada alat makan Anda yang justru bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri.

1. Perhatikan kualitas spons pencuci piring : para ahli mengatakan, spons pencuci piring merupakan penyumbang kuman terbesar yang mengintai alat makan. Untuk itu, pilihlah jenis spons dengan kualitas terbaik.

2. Pilah pengunaan spons : dalam upaya menjaga kebersihan alat makan. Ada baiknya Anda gunakan beberapa spons. Pisahkan spons untuk mencuci alat masak, piring yang kotor penuh lemak, dan juga gelas.

3. Lihat kondisi spons : meski terlihat mampu membantu membersihkan alat makan dalam waktu yang lama, namun sebaiknya spons diganti maksimal dua minggu sekali. Hal itu bukan tanpa alasan, alat pencuci piring yang hanya diganti setelah rusak, hanya akan memindahkan beragam bakteri pada alat makan Anda tanpa disadari.

4. Perhatikan metode penyimpanannya : Setelah mencucinya, Anda berkewajiban untuk menyimpan alat makan dengan cara yang baik dan benar. Pastikan Anda mengeringkannya dengan kain yang bersih terlebih dahulu. Kemudian simpanlah di tempat yang tertutup, sehingga tidak mudah tercemar debu maupun serangga.

5. Jika alat makan sudah lama tidak dipakai, tidak ada salahnya Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar