Minggu, 18 Maret 2012

Jenis Sepeda

Melihat jenis sepeda yang bernaeka ragam, mungkin membuat Anda bingung tentang beda dan fungsinya. Jika Anda sedang tertarik untuk membeli sepeda baik sebagai hobi, untuk kegiatan kantor atau ingin menggunakannya sebagai sarana transportasi, keterangan berikut dapat membantu Anda.

*
Single Speed
Sepeda yang cocok digunakan di daerah perkotaan yang minim hambatan. Hanya memiliki 1 gir, sehingga pengendaranya tidak perlu mengatur kecepatan pada sepeda.
*
Road Bike
Sepeda yang biasa digunakan pada jalan raya yang mulus atau beraspal. Cocok jika Anda menggunakan untuk bekerja di daerah perkotaan yang umumnya melewati jalan yang sudah beraspal baik. Merupakan salah satu jenis sepeda yang banyak dipilih, jenis sepeda ini masih terbagi atas beberapa model lainnya.
*
Endurance Road Bike
Ditujukan untuk melalui jalanan yang tidak mulus. Sepeda dibuat dengan lebih kuat sehingga dapat dipilih jika Anda sering melewati jalanan berbatu atau off road.
*
Competitive Road Bike
Merupakan jenis sepeda balap yang biasa digunakan untuk pertandingan. Karena fungsinya tersebut, sepeda ini hanya memiliki berat 5 kg, sehingga sangat mudah untuk diangkat.
*
Time Trial Bike
Termasuk pengembangan dari Competitive Road Bike. Digunakan untuk pertandingan yang memerlukan kecepatan. Didesain dengan bentuk aerodinamis yang dapat menahan terpaan angin yang dapat menghambat lajunya. Seperti sepeda balap pada umumnya, sepeda ini sangat ringan.
*
Commute Bike
Desainnya mirip sepeda balap tetapi ditambahkan fasilitas lainnya sesuai dengan kebutuhan yang sering digunakan.
*
Mountain Bike
Biasa dikenal dengan sepeda gunung. Sepeda ini digunakan untuk pengendara yang senang berpetualang di alam bebas. Didesain agar dapat menaklukan jalanan alam bebas atau pegunungan yang tidak mulus dan menantang.
*
All Mountain Bike
Kelebihannya ada pada fitur shock absorber yang biasa dilalui oleh sepeda gunung. Cocok untuk jalan yang terjal karena mampu membuat pengendara tetap nyaman.
*
Free Ride Bike
Ditujukan untuk menaklukan medan jalan yang ekstrem.
*
Downhill Bike
Sepeda ini sangat cocok digunakan untuk menuruni gunung dengan kecepatan tinggi.
*
Cross Country Bike
Jika Anda akan melewati medan yang bervariasi. Misal, melalui jalanan beraspal, tanah, datar, menanjak atau menurun, Anda dapat menggunakan sepeda jenis ini untuk melakukan perjalanan.
*
Dirt Jump Bike
Sepeda yang biasa digunakan dalam atraksi-atraksi sepeda. Pengendara dapat melakukan lompatan dengan sepedanya.
*
Sepeda Lipat
Jenis sepeda yang banyak dipilih karena kepraktisannya. Seperti namanya, sepeda ini dapat dilipat sehingga memudahkan untuk dibawa-bawa. Anda mungkin dapat melihat, pengendara yang melipat sepedanya dan naik kereta atau bus. Sehingga jika seluruh perjalanan tidak mungkin ditempuh dengan sepeda, maka dengan sepeda lipat Anda dapat menggunakan transportasi lain untuk sampai ke tujuan. Penyimpannya juga tidak membutuhkan ruang yang besar, karena dapat dilipat.

Sepeda memang alat transportasi yang mengasyikan. Selain bebas polusi, mengayuh sepeda juga dapat menyehatkan. Maka, jangan segan-segan untuk mencoba bersepeda karena kegiatan olahraga tidak akan terasa memberatkan, apalagi jika dilakukan beramai-ramai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar